February 23, 2018

Ini 4 Alasan Mengapa Gerhana Bulan 31 Januari 2018 Adalah YangTerbaik!

                                                                                                                                                                                                                                                         Foto:@imajinasiart.id

Gerhana bulan total merupakan fenomena di mana semua bagian dari bulan akan tertutup oleh bayangan Bumi. Hal tersebut terjadi apabila Bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama seperti dikutip iDwebster.com dari Okezone .

Dengan demikian sinar matahari tidak dapat sampai ke bulan karena terhalangi oleh Bumi. Selain itu gerhana bulan total terjadi saat fase bulan purnama.

1) Supermoon Terbaik

Pada gerhana bulan total 31 Januari 2018, tampak lebih besar dan lebih terang di langit malam. Pada umumnya astronom menyebutnya bulan purnama perigee, namun kini lebih akrab disebut sebagai Supermoon. Supermoon 31 Januari 2018 membawa bulan berada pada jarak 360.000 kilometer dari Bumi.

Hal ini membuat bulan tampak dengan diameter sudut sebesar 33’09”, lebih besar dibandingkan bulan purnama biasanya. Maka dari itu disebut Supermoon terbaik.

2) Fenomena Langka

Fenomena ini dikatakan langka karena keberulangan terjadinya tiga kejadian supermoon, blue moon, dan blood moon dalam satu waktu yang hanya terjadi sekitar 150 tahun sekali. Disebut supermoon karena jarak purnamanya yang terdekat.

Disebut juga blue moon karena ini merupakan purnama kedua pada bulan Januari. Sebelumnya terjadi pada 2 Januari 2018. Sementara blood moon karena terjadinya gerhana bulan.

3) Mudah Diabadikan dengan Ponsel

Gerhana bulan total kali ini akan menjadi fenomena yang ditunggu-tunggu bagi para fotografer. Selain bisa dilihat langsung oleh mata, super blood moon ini juga terlihat lebih besar dan jauh lebih terang. Para fotografer dapat mengabadikan fenomena ini dengan menghasilkan foto-foto terbaik.

4) Melihat Supermoon Setelah Bulan Terbit

Banyak yang berpendapat waktu terbaik untuk melihat supermoon adalah setelah moonrise (bulan terbit). Moonrise itu sendiri adalah momen di mana bulan baru saja muncul dari garis horizon.

Itulah beberapa keistimewaan dari gerhana bulan total 31 Januari 2018. Menurut NASA ini akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya.

Bagaimana, sudah dapat Foto Gerhana Terbaikmu?

Komentar Anda...

Related posts